Berita Kategori - Sosialisasi

Diposting : Raynhafie Maulana Yudhistira   Tanggal : 04 Juli 2018 08:05:03   Dibaca : 116 Kali

Biar Mandiri, Pelaku Koperasi dan UMKM Harus Manfaatkan Ini



Kementerian Koperasi dan UKM ingin para pelaku koperasi dan UMKM di Indonesia memanfaatkan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) untuk meningkatkan kemandirian usaha.

Asdep Pendampingan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Eviyanti, mengatakan pihaknya ingin para pelaku KUMKM mulai memanfaatkan PLUT-KUMKM sebagai lembaga mediasi pengembangan usahanya.

"Kami berharap KUMKM bisa melihat PLUT ini sebagai lembaga mediasi bagi pengembangan KUMKM yang mencakup peningkatan kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses ke pembiayaan, pengembangan SDM, serta kinerja kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM," kata Evi di Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Dengan PLUT-KUMKM, ia mengatakan, para pelaku koperasi dan UKM dapat semakin terdorong meningkat kapasitas dan kemandirian usahanya melalui penyediaan jasa nonfinansial yang menyeluruh, terintegritas, dan bersifat stimulus.

Terlebih, kata dia, PLUT memang dirancang sebagai wadah mediasi bagi KUMKM dalam membangun hubungan dengan pemangku kepentingan lainnya.

"PLUT-KUMKM sebagai program terobosan menjadi suatu sistem yang di dalamnya menyinergikan pemangku kepentingan," katanya.

Pihaknya telah sejak beberapa tahun lalu mengembangkan program PLUT-KUMKM dan membangun fasilitas gedung tersebut di berbagai provinsi di Tanah Air. Gedung yang ada kemudian diarahkan melayani kebutuhan para pelaku KUMKM dari lima sisi, meliputi kelembagaan, SDM, produksi, pembiayaan, dan pemasaran.

Sumber : wartaekonomi.co.id

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan ke teman Anda:

Cari

Tokoh Inspiratif

Tidak Ada Tokoh Baru

Agenda Bulan Ini

  • Tidak Ada Agenda Baru!

Artikel

Tidak Ada Artikel Baru !

Statistik

Pengunjung hari ini : 24
Total pengunjung : 15641
Hits hari ini : 115
Total hits : 1040102
Pengunjung Online : 2
Administrator Online : 0