Berita Kategori - Pelatihan

Diposting : Ray   Tanggal : 21 Juni 2019 09:25:00   Dibaca : 33 Kali

Pelatihan Manajemen Perkoperasian Bagi Pengurus Koperasi Di Kota Banjarbaru



Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya menyelenggarakan pembinaan Koperasi di daerahnya dalam rangka peningkatan kualitas kelembagaan koperasi yang salah satunya dilakukan dengan tata kelola organisasi dan usaha koperasi yang baik melalui fasilitasi pelaksanaan pendidikan dan pelatihan perkoperasian dan untuk mencapai tujuan tersebut diselenggarakan Pelatihan Manajemen Perkoperasian bagi Pengurus Koperasi di Kota Banjarbaru pada tanggal 17 s/d 20 Juni 2019 bertempat di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru, Bapak Ir. Muhammad Rustam, MP didampingi Kepala Bidang Kelembagaan, Ibu Ir. Hj. Isnawati, MM dan Kepala Seksi Organisasi dan Tata Laksana, Bapak. Muhammad Saleh, S.Sos, M.AP dengan diikuti 30 (tiga puluh) orang pengurus koperasi dari beberapa koperasi yang ada di Kota Banjarbaru.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru menyampaikan bahwa Koperasi sebagai badan hukum dan badan usaha yang didirikan oleh anggota yang bersifat terbuka maka kinerjanya dapat diukur yang salah satu aspeknya adalah Aspek Kelembagaan yang meliputi Operasional Manajemen Koperasi. Pengelolaan Manajemen Perkoperasian merupakan salah satu faktor utama dalam pelaksanaan kegiatan organisasi maupun usaha koperasi. Sedangkan Jumlah Koperasi baru yang telah memiliki Badan Hukum periode tahun 2018 dan 2019 sebanyak 15 (lima belas) buah koperasi dan banyaknya pergantian Pengurus koperasi yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang Koperasi sehingga perlu diberikan Pelatihan Manajemen Perkoperasian sebagaimana dimaksud.

Materi pelatihan meliputi : Kebijakan Pemerintah Dalam Pengembangan Perkoperasian, Kepemimpinan Dalam Koperasi, Peranan Unsur Manajemen Dalam Lingkungan Bisnis Koperasi, Peranan Unsur Manajemen didalam Mengoptimalkan Fungsi Manajemen, Optimalisasi Kinerja, Fungsi Perencanaan, Fungsi Pengorganisasian, Fungsi Pelaksanaan, Fungsi Pengawasan dan Nilai-Nilai Spiritual Dalam Berkoperasi.

Narasumber atau Pengajar berasal dari Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan khusus untuk pemateri Nilai-Nilai Spiritual Dalam Berkoperasi berasal dari Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru.

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan ke teman Anda:

Cari

Tokoh Inspiratif

Tidak Ada Tokoh Baru

Artikel

Tidak Ada Artikel Baru !

Statistik

Pengunjung hari ini : 21
Total pengunjung : 31910
Hits hari ini : 38
Total hits : 1110810
Pengunjung Online : 1
Administrator Online : 0